RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) A
Madrasah : MA BAHRUL ULUM
Mata
Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Metabolisme dan
enzim
Alokasi
Waktu : 90 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Ø Mengidentifikasi
sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme melalui
percobaan
Ø Menjelaskan
sifat dan cara kerja enzim, proses katabolisme dan anabolisme meliputi bahan,
proses, hasil dan tempat berlangsungnya
Ø Menjelaskan
konsep respirasi aerob dan anaerob
B. Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol,
papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku
Biologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
Ø Sri pujianto “Biologi kelas XII “ erlangga
2005
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
|
Ø
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Ø Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi/tema tentang metabolisme dan
enzim |
|
Ø
Menyampaikan motivasi tentang apa
yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Ø Sifat dan Cara kerja enzim, proses katabolisme
dan proses anabolisme melalui percobaan |
|
Ø
Menjelaskan hal-hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan
ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 150 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan materi dan
LKPD di Blog “RuangbioX.blogspot.com”terkait
materi Sifat dan Cara kerja enzim, proses katabolisme
dan proses anabolisme |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Konsep
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Sifat
dan Cara kerja
enzim, proses katabolisme dan proses anabolisme melalui percobaan |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Sifat dan Cara kerja enzim, proses katabolisme
dan proses anabolisme melalui percobaan. Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D. Penilaian
Hasil Pembelajaran
Ø
Penilaian
Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan
/ observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
Ø
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk
dan penilaian portofolio
Mengetahui
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mata Pelajaran
************&&&&&&&&&&&&###########&&&&&&&&&&&&&&***********
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) B
Madrasah : MA BAHRUL ULUM
Mata
Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Metabolisme (katabolisme
dan anabolisme)
Alokasi
Waktu : 90 Menit X 2 TM
TM 2
DAN 3
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Ø Menjelaskan
konsep fotosintesis dan kemosintesis (katabolisme dan
anabolisme)
Ø Melakukan
percobaan tentang mekanisme kerja, fotosintesis, dan respirasi anaerob
Ø Menyusun
laporan hasil percobaan tentang mekanisme kerja, fotosintesis, dan respirasi
anaerob
B. Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol,
papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku
Biologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
Ø Sri pujianto “Biologi kelas XII “ erlangga
2005
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
|
Ø
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Ø
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema tentang mekanisme
kerja enzim, fotosintesis, dan respirasi anaerob |
|
Ø
Menyampaikan motivasi tentang apa
yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Ø
Mekanisme kerja enzim, fotosintesis,
dan respirasi anaerob. |
|
Ø
Menjelaskan hal-hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan
ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan materi dan
LKPD di Blog “RuangbioX.blogspot.com”
dan buku2 lainnya terkait materi mekanisme
kerja, fotosintesis, dan respirasi anaerob |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi mekanisme kerja, fotosintesis,
dan respirasi anaerob |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai mekanisme
kerja, fotosintesis, dan respirasi anaerob |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait mekanisme
kerja, fotosintesis, dan respirasi anaerob. Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (20 Menit) |
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan. |
D. Penilaian
Hasil Pembelajaran
Ø
Penilaian
Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan
/ observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
Ø
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk
dan penilaian portofolio
Mengetahui
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mata Pelajaran
0 Komentar