RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) A
Sekolah : MA BAHRUL ULUM
Mata
Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Pertumbuhan
dan Perkembangan pada tumbuhan
Alokasi
Waktu : 90 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Ø
Mengidentifikasi fakta tentang
pertumbuhan pada makhluk hidup
Ø
Menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
Ø
Menyimpulkan konsep pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
Ø
Menyusun rancangan, melakukan percobaan
tentang pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Ø
Menyusun laporan tentang pertumbuhan
dan perkembangan pada tumbuhan
Ø
Mempresentasikan/menuliskan dalam LKPD/ buku
kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan
perkembangan pada pada tumbuhan
B. Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol,
papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku
Biologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
Ø Sri pujianto “Biologi kelas XII “ erlangga
2005
Ø Prof Dwidjoseputro “Pengantar fisiologi
“tumbuhan 1990
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
|
Ø
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Ø Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi/tema tentang pertumbuhan dan
perkembangan |
|
Ø
Menyampaikan motivasi tentang apa
yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Ø
Konsep pertumbuhan dan perkembangan
makhluk hidup. |
|
Ø
Menjelaskan hal-hal yang akan
dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan
ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 150 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan materi dan
LKPD di Blog “Mediabio12.blogspot.com”terkait
materi Konsep pertumbuhan dan perkembangan
makhluk hidup. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Konsep
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Konsep
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. (pada tumbuhan) |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Konsep
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
D. Penilaian
Hasil Pembelajaran
Ø
Penilaian
Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan
/ observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
Ø
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk
dan penilaian portofolio
Mengetahui
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mata Pelajaran
&&&&&&&&&&&&&&###########@@@@@@@@@@########&&&&&&&&&
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) B
Sekolah : MA BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi
Pokok : Pertumbuhan
dan Perkembangan pada hewan dan manusia
Alokasi
Waktu : 90 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat:
Ø
Mengidentifikasi fakta tentang
pertumbuhan pada makhluk hidup
Ø
Menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan manusia
Ø
Menyimpulkan konsep pertumbuhan dan
perkembangan pada hewan dan manusia
Ø
Menyusun rancangan, melakukan percobaan
tentang pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan manusia
Ø
Menyusun laporan tentang pertumbuhan
dan perkembangan pada hewan dan manusia
Ø
Mempresentasikan/menuliskan dalam LKPD/ buku
kerja kesimpulan hasil kajian dan diskusi tentang konsep pertumbuhan dan
perkembangan pada hewan dan manusia
B. Media/alat,
Bahan dan Sumber Belajar
Media : Worksheet
atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian
Alat/Bahan : Spidol,
papan tulis, Laptop & infocus
Sumber Belajar : Buku
Biologi Siswa Kelas XII, Kemendikbud, Tahun 2016
Ø Sri pujianto “Biologi kelas XII “ erlangga
2005
Ø Dr Gunawan “embriologi kedokteran “ 1978
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit) |
|
Ø
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Ø Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema tentang Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia |
|
Ø
Menyampaikan motivasi tentang apa
yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Ø
Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia. |
|
Ø
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari,
kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan
Inti ( 60 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk
melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan
dan bahan bacaan materi dan
LKPD di Blog “Mediabio12.blogspot.com”
dan buku2 lainnya terkait materi Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia. |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia |
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia |
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau
individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Konsep
pertumbuhan dan perkembangan hewan dan manusia. Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
Kegiatan
Penutup (20 Menit) |
|
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
Ø
Penilaian
Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan
/ observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
Ø
Penilaian
Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk
dan penilaian portofolio
Mengetahui
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mata Pelajaran
0 Komentar